Strategi Tepat Untuk Menjawab Wawancara Kerja

Saturday, May 29, 2010 , Posted by Ardiansyah Renata at 8:00 PM

Tiap perusahaan membutuhkan beberapa tahapan untuk melakukan seleksi bagi pelamar pekerjaan yaitu pada umumnya tahapan test tertulis, interview, test kesehatan (kalau ada). Tidak sedikit pula banyak dari calon karyawan yang telah lulus dalam test tertulis akan tetapi gagal dalam tahap interview atau wawancara, Oleh karena itu, untuk membantu Anda agar bisa lebih baik dalam menghadapi wawancara kerja, berikut ini diberikan daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan:

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
Solusi : Berikan contoh keterampilan Anda dan bagaimana hal itu membuat Anda menjadi calon terbaik untuk menempati lowongan kerja yang ada.
Pilih skill dan pengalaman yang menunjukkan hal ini disertai contoh-contoh konkritnya.

2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?
Solusi : Anda mungkin perlu menyebutkan beberapa prestasi yang sudah dicapai oleh perusahaan tersebut. Misal, bahwa Anda merasa sangat tertarik dengan program riset terbaru kreasi perusahaan tersebut. Anda sudah melakukan riset, sekaligus membuat si penanya mengetahui bahwa Anda sudah mempersiapkan diri dan serius ingin bergabung dengan perusahaan tersebut.

3. Apa kelemahan utama Anda?
Solusi : Jawablah dengan jujur, katakan apa adanya mengenai kelemahan yang Anda miliki.
Akan tetapi perlu ditekankan/dijelaskan kepada pihak pewawancara bahwa Anda dapat dan akan selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan tersebut.
contoh :
- Saya tidak sabaran, jadi kalau ada kerjaan harus saya selesaikan secepatnya
- Saya kurang teliti sehingga saya harus fokus dalam bekerja
- Saya kurang bisa bekerja sendiri, jadi saya Bekerja dan membentuk teamwork.
- Saya sering bersikap terlalu hati-hati sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.

4. Kenapa Anda berhenti dari perusahaan terdahulu?
Solusi : Sejujurnya Saya Keluar karena ingin menambah wawasan,pengalaman,pengetahuan baru, dan mencari penghasilan dan kehidupan yg lebih baik, harapan saya maju bersama dgn karyawan lainnya di perusahaan bapak agar perusahaan baru tersanjung menerima Anda sebagai karyawan .

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?
Solusi : Jangan melihat suatu masalah sebagai ancaman, Fokuskan diri Anda pada lawan dari masalah, yaitu solusi, untuk menemukan kendali dengan tetap berpikir tenang dan menunjukan sikap positif dalam perilaku Anda

6. kelebihan apa yang dibanggakan?
Solusi : Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan?
Solusi : Saya berpendapat perusahaan ini pasti sudah mempunyai standar imbalan bagi jabatan ini.
Berdasarkan pengalaman yang saya miliki dan kontribusi yang dapat saya berikan pada perusahaan ini, saya mengharapkan imbalan yang akan diberikan adalah minimal Rp. /tahun ditambah tunjangan lainnya sesuai dengan peraturan perusahaan ini.

8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?
Solusi : perkenalkan nama, umur, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, pengalaman kerja / organisasi, informasi tantang keluarga.

Apabila ada jawaban yang kurang tepat mohon di koreksi, Semoga Bermanfaat...

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment