8 gelas air sehari

Friday, August 14, 2009 , Posted by Ardiansyah Renata at 10:16 PM

my signature


Percaya tidak bahwa tubuh kita bisa bertahan tanpa makanan daripada tanpa air?
Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air dari otak, otot, dan kulit yang mengandung sekitar 75% air sampai ke tulang yang mengandung sekitar 20% air.
banyak orang yang menyarankan untuk meminum 8 gelas air sehari namun pada kenyataannya hal yang terpenting meminum air baik berupa air putih maupun air yang berasal dari makanan dan buah buahan antara lain :
1. Air membantu otot anda menjadi lebih bertenaga. Sel otot yang tidak mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit akan menyebabkan otot kelelahan.
2. Air membantu kulit tetap kelihatan indah. Kulit anda terdiri dari banyak air. Salah satu fungsi kulit adalah sebagai pelindung agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Tapi jangan lalu berharap minum air yang banyak akan menghilangkan noda di kulit. Dehidrasi akan menyebabkan kulit anda tampak kering dan berkerut, nah kondisi inilah yang mampu diatasi dengan cara minum air yang cukup.
3. Air menjaga kesehatan ginjal anda. Cairan yang ada dalam tubuh membantu menghantarkan zat zat yang tidak berguna keluar dari sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea dalam darah. Untungnya racun ini larut dalam air sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui ginjal.
Indikasi tubuh kekurangan cairan antara lain :
* warna air seni (urine) yang biasanya lebih berwarna jingga pekat
* Kencing berbusa bisa dijadikan indikasi awal adanya proteinurier
* kencing keruh, kalau sesekali sih tidak masalah, tapi misalkan kalau ada sedimentasi perlu dipertanyakan, takutnya ada gangguan ginjal.
saran saya perbanyak minum air putih bahkan setelah anda bangun tidur di pagi hari, atau setelah anda berolahraga, dan 2 jam sebelum tidur. Hal ini juga berguna karena ketika tidur gerakan peristaltik otot polos saluran cerna dapat beristirahat.
sebaiknya minimalkan minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, soft-drinks) dan alkohol karena minuman tersebut bersifat diuretic yaitu mengeluarkan lebih banyak air dari tubuh daripada memasukan, pada akhirnya tubuh akan menjadi dehidrasi cairan dari sebelumnya dan lama-kelamaan jadi faktor penyebab diabetes .

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment